Welly Yusup

Welcome to my blog

Selasa, 17 Juni 2014

Senangnya Bisnis Sayuran


Bisnis yang sedang saya jalani adalah bisnis sayuran. Jenis sayuran yang saya perdagangkan seperti kangkung, bayam, oyong, cabe rawit, cabe merah, wortel, kentang, kacang panjang, kacang buncis,kembang kol, brokoli, dan masih banyak lagi. bidikan utama bisnis saya adalah para ibu – ibu rumah tangga. Biasanya ibu – ibu rumah tangga atau pembantu rumah tangga berbelanja sayuran pada pagi hari sekitar pukul 05.00 s/d pukul 11.00. mereka mencari sejumlah sayuran  untuk mereka masak guna membuat sarapan dan menu makanan untuk suami, anak atau majikan perharinya. 

Kenapa saya memilih bisnis ini di bandingkan dengan bisnis yang lainnya ? selain modal yang tidak begitu besar, keuntungan yang di dapatkan juga lumayan menggiurkan. Bisnis ini juga saya pilih karena sayuran adalah salah satu kebutuhan pokok manusia yang harus di penuhi sehingga keberadaannya sangat di cari oleh semua orang.

Bisnis ini sebenarnya sangat mudah, namun sama seperti halnya bisnis – bisnis yang lain yang membutuhkan strategi dan pengorbanan untuk menjalankan bisnis ini yang di karenakan banyaknya persaingan dengan pedagang sayur lainnya.

Strategi yang saya gunakan dalam bisnis saya adalah “ Cheaper than other “ yang artinya barang yang saya jual ke konsumen harus lebih murah di bandingkan barang yang orang lain jual. Biasanya orang akan mencari barang yang lebih dengan kualitas yang sama. Oleh sebab itu, saya harus pandai untuk mengetahui supplier – supplier sayuran yang murah, sehingga saya pun bisa menjualnya dengan harga yang murah juga. Dengan strategi yang saya terapkan setiap harinya, banyak konsumen yang sebelumnya adalah konsumen dari competitor menjadi berpaling menjadi competitor saya.

Setiap kita hendak meraih suatu cita – cita pastilah membutuhkan suatu pengorbanan, begitu juga dengan berbisnis sayuran. Berbisnis sayuran sangat menyita waktu sebenarnya, apalagi pelaku bisnisnya memiliki aktivitas lain selain menjadi pembisnis sayuran. Kenapa ? karena pembisnis sayuran harus bangun tidur lebih awal untuk mendapatkan barang belanjaannya. Saya biasanya tidur pada pukul 22.00 dan bangun pada pukul 02.00. pada pukul 02.00 tersebut saya harus bangun, karena jika saya terlambat bangun atau kesiangan menuju pasar tempat saya mencari barang dagangan saya, maka yang terjadi adalah barang dagangan pun habis terjual oleh pedagang lainnya, sehingga barang yang di dagang pun sangat sedikit.

Biasanya saya sampai pasar sekitar pukul 03.00 atau 03.50. sekitar satu jam lebih saya mencari barang yang hendak saya jual. Dan sekitar pukul 05.00 saya sudah sampai kembali di tempat saya menjual barang dagangan saya. Di sana sudah ada istri saya yang bertugas menjual barang – barang dagangannnya. Keuntungan bersih yang biasa kami dapatkan perharinya berkisar 100 – 200 rb dengan volume yang kecil.

Dengan kita tanggap dengan lingkungan di sekitar kita, sebenarnya peluang bisnis selalu mengintai kita tanpa jenuh. Yang terpenting adalah bagaimana kita memanfaatka peluang yang ada di sekitar kita ? ( Welly Yusup )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar