Welly Yusup

Welcome to my blog

Senin, 11 Februari 2013

luka bakar dan cara mengobatinya

Kebanyakan orang awam berkesimpulan bahwa luka bakar adalah luka yang di sebabkan oleh api atau benda panas lainnya.namun dalam ilmu kedokteran mengatakan bahwa luka bakar merupakan kerusakan / kehilangan jaringan akibat kontak dengan sumber panas.sumber panas tak hanya berupa api,namun air panas,bahan kimia,listrik dan radiasi juga merupakan sumber panas yang dapat menyebabkan luka bakar.
Orang yang menderita luka bakar kulitnya akan berwarna merah dan terasa sakit,kemudian melepuh dan pada akhirnya kulit akan menjadi hitam atau putih.banyaknya cairan yang hilang akibat luka bakar akan mengakibatkan shock pada penderitanya.
Menurut derajat kerusakan jaringannya,luka bakar di bagi menjadi tiga yaitu;
  1. derajat pertama ( superficial skin burn )
luka bakar ini terbatas pada epidermis yang di tandai dengan adanya nyeri yang di karenakan ujung saraf sensorik teriritasi .luka bakar ini di tandai dengan kulit mengering dan memerah ( eritema ).luka bakar ini tidak meninggalkan jaringan parut.biasanya luka bakar ini bisa sembuh 5 – 10 hari.contohnya adalah luka bakar akibat sinar matahari.
  1. derajat kedua ( partial skin burn )
luka bakar ini meluas ke epidermis dan ke dalam lapisan dermis.luka bakar ini sangat nyeri dan menimbulkan lepuh dalam beberapa menit.luka bakar ini juga tidak meninggalkan jaringan parut,tapi orang-orang tertentu dapat mengalami jaringan parut.bila bula pecah,terlihat luka basah kemerahan.biasanya luka bakar ini bisa sembuh dalam 2 -3 minggu.
  1. derajat ketiga ( full thickness skin burn )
luka bakar ini di tandai dengan kerusakan seluruh tebal dermis,bisa sampai subcutis bahkan tidak ada epitel yang sehat.bila bula pecah,lukanya kering dan berwana abu-abu.luka bakar ini menimbulkan nyeri yang di karenakan ujung saraf sensorik rusak.penyembuhan pada luka bakar ini sangat sulit sehingga di perlukan cangkok kulit.
Bagi para penderita luka bakar,kesembuhan adalah hal yang mutlak.berbagai cara di tempuh untuk menyembuhkan luka tersebut.
Berikut ini cara pengobatan luka bakar menurut ukurannya;
  • luka bakar kecil
cara pengobatannya yaitu dengan cara menggunakan es batu atau air dingin selama 10 – 15 menit untuk mengurangi keparahan dan rasa sakit.tidak perlu di lakukan penutupan dengan kasa apabila tidak terjadi pelepuhan.
  • Melepuh
Cara pengobatannya yaitu dengan cara menutup daerah terbakar dengan penutup kasa bersih dan menggunakan antiseptik untuk mencegah infeksi dan gantilah sering kali.sebaiknya jangan menggunakan krim atau salep juga kapas.karena kapas yang menempel pada kulit akan memperlambat penyembuhan.
  • Luka bakar besar
Cara pengobatannya yaitu dengan cara mencuci luka dengan air dingin,dan di balut dengan kasa .
  • Terbakar matahari
Cara pengobatannya yaitu dengan cara mengompres air dingin dan lembab pada luka tersebut,dan gunakanlah aspirin atau parasetamol guna menghilangkan rasa sakit.
Berhati – hatilah dengan benda atau zat yang mempunyai suhu panas,karena bisa menyebabkan luka pada kulit kita.hindari kontak langsung,gunakan pengaman dengan menggunakan bahan pengantar panas yang buruk seperti kayu,karet,dll.( Welly yusup )

Sumber ;

sumber gambar;



Tidak ada komentar:

Posting Komentar