Welly Yusup

Welcome to my blog

Kamis, 29 November 2012

kemacetan tidak hanya di Jakarta



Kemacetan adalah situasi atau keadaan tersendatnya atau bahkan terhentinya lalu lintas yang disebabkan oleh banyaknya jumlah kendaraan melebihi kapasitas jalan. Kemacetan banyak terjadi di kota-kota besar, terutamanya yang tidak mempunyai transportasi publik yang baik atau memadai ataupun juga tidak seimbangnya kebutuhan jalan dengan kepadatan penduduk.
Jakarta merupakan salah satu kota termacet di Indonesia hal itu di akibatkan kepadatan penduduk di Jakarta dan juga kapasitas jalan yang tidak berimbang dengan jumlah kendaraan yang ada.dan banyak lagi factor – factor yang mengakibatkan kemacetan.
Selain di Jakarta,Tangerang juga merupakan kota macet.hal itu di sebabkan oleh ;
1.      bertambah padatnya jumlah penduduk di tangerang
2.      bertambahnya jumlah kendaraan bermotor yang tidak di imbangi dengan perluasan jalan
3.      kurangnya partisipasi polisi dalam mengatur jalan / lalu lintas
4.      kurang tegasnya hukum dalam berlalu lintas
5.      kurang disiplinnya para pengguna jalan khususnya kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat.
6.      Mudahnya mendapatkan surat izin mengemudi ( SIM ), untuk kendaraan roda dua dan empat.
7.      Kesemrawutan angkutan umum di jalanan.
Tangerang adalah kota yang penduduknya berasal dari bermacam – macam daerah atau kota lain.mereka datang ke tangerang dengan tujuan yang berbeda – beda,ada yang berniaga,menjadi buruh,supir angkot,dll. hal itu mengakibatkan kota tangerang bertambah sesak.setiap tahunnya jumlah penduduknya semakin bertambah.
Dengan bertambahnya jumlah penduduk di Tangerang maka bertambah pula jumlah kendaraan yang mereka pakai untuk di gunakan sebagai sarana atau alat untuk bekerja.namun sayangnya bertambahnya jumlah kendaraan tidak di imbangi dengan kapasitas jalan yang ada.
Partisipasi polisi juga sangat berpengaruh dalam kelancaran lalu lintas di tangerang.sebagai contoh tiap pagi,siang,sore,bahkan malam hari sering terjadi kemacetan di daerah Pasir gadung,tol bitung,telesonik jatake,dan kawasan industry jatake,dll.jika polisi ada di daerah tersebut maka kemacetan bisa segera di atasi bahkan di cegah.
Kurang tegasnya hukum bagi pelanggar lalu lintas mengakibatkan para pelanggar sering mengulangi kesalahan – kesalahan yang mereka perbuat.dan hal itu membuat para pengguna jalan khususnya kendaraan roda dua dan empat tidak berdisiplin dalam berlalu lintas sehingga keadaan dijalanpun menjadi tak karuan.
Hal lain yang mengakibatkan kemacetan di jalanan adalah mudahnya mendapatkan berbagai jenis SIM tanpa melalui tahap  yang benar yaitu  tahap teori dan tahap praktek .di dalam teori kita mengisi hal-hal yang ada di jalanan seperti rambu – rambu lalu lintas dan tata cara berlalu lintas yang benar.di dalam prakteknya kita di uji kelihaian kita dalam menjalankan kendaraan.jadi semua itu sangat penting untuk para pemakai jalan sehingga mereka bisa dan paham dalam berlalu lintas.
Namun dalam faktanya membuat SIM tidaklah sulit,karena semuanya bisa di beli dengan sejumlah uang.misalnya dalam pembuatan SIM C,mereka bisa memperoleh SIM dari calo atau oknum polisi setempat dengan harga berkisar 300 – 500ribu.sedangkan jika kita membuatnya menurut prosedur,mereka hanya mengeluarkan uang sejumlah 105 ribu rupiah saja.jadi orang-orang yang tidak mengerti lalu lintaspun bisa memakai kendaraan yang akan mengakibatkan ketidak disiplinan dan kemacetan di jalan raya.
Kesemrawutan angkutan perkotaan (angkot) juga merupakan salah satu factor terjadinya kemacetan.angkot sering sekali jadi penyebab kemacetan di jalanan.menumpuknya jumlah angkot yang tidak sesuai dengan jumlah penumpang mengakibatkan kemacetan,seperti contoh sepanjang jalan Bitung sampai Jatiuwung – Tangerang,sepanjang jalan itu terdapat empat angkot berbeda tujuan (curug-cimone,bitung-cimone,balaraja-cimone,dan tigaraksa-kutabumi),jelas sekali hal itu merupakan factor penyebab kemacetan di sepanjang jalan itu. Angkot sangat tidak disiplin di jalanan, biasanya mengetem atau berhenti secara mendadak yang bisa mengganggu kelancaran lalu lintas.apalagi di daerah kawasan industry,di saat para karyawan pabrik keluar angkot adalah penyebab kemacetan yang utama karena mereka berhenti di jalan untuk mengangkut para penumpang yang pulang dari kerjaannya.dan hal itu mengakibatkan tersendatnya lalu lintas dan merugikan pengguna jalan yang lainnya.( Welly yusup )


Sumber ;

sumber gambar;



Tidak ada komentar:

Posting Komentar