Welly Yusup

Welcome to my blog

Minggu, 18 November 2012

Misteri dalam jamu gendong


Para ahli kecantikan banyak melakukan banyak usaha atau  penelitian  dalam cara perawatan kecantikan baik menggunakan alat-alat modern maupun dengan pemakaian jamu-jamu tradisional.perawatan kecantikan dengan menggunakan  bahan herbal  lebih aman di bandingkan dengan  perawatan kulit wajah dengan bahan sintetik/ kimia sering kali menimbulkan masalah, seperti gatal – gatal dan iritasi pada kulit wajah yang di sebabkan reaksi kimia yg terdapatnya.
Jamu dibuat dari bagian  tumbuh – tumbuhan seperti  daun, biji, akar, buah-buahan dan bunga - bungaan yang mempunyai khasiat untuk merawat kesehatan dan kecantikan (Mursito, 1999). umumnya tumbuh-tumbuhan yang berkhasiat dalam perawatan kulit wajah ini sering dipasarkan oleh pedagang jamu gendong.pedagang jamu gendong biasanya  menjajakannya dalam bentuk cairan yang dimasukan ke dalam botol ataupun dalam bentuk lulur jika ada konsumen yang memesannya.
 Jamu yang dijual pedagang jamu gendong ini biasanya merupakan jamu hasil racikan sendiri atau dicampur dengan jamu yang telah dikemas secara modern. Kandungan senyawa kimia aktif yang terdapat pada tanaman adalah alkaloida, flavonoida, terpenoida, steroida, tanin dan saponin yang dapat diketahui dengan cara skrining fitokimia (Achmad, 2006 ).
Jamu gendong sangat familiar di Indonesia karena warisan nenek moyang yang di turunkan secara turun – temurun selama beribu – ribu tahun lamanya.bahan – bahan untuk pembuatan jamu gendong adalah cabe,kencur,kunci ,asam,jahe,kapulogo,gula,beras, kencur,kedawung, temulawak,dll.
Berdasarkan resep dan manfaatnya jamu gendong umumnya terbagi  atas ;
1.  Jamu beras kencur  bermanfaat untuk  menghilangkan pegal-pegal pada tubuh.
2. Jamu Kunir asam bermanfaat untuk menyegarkan tubuh,obat panas dalam,sariawan,melancarkan haid,bahkan  jamu jenis ini baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil muda dan dapat menyuburkan kandungan.
3. Jamu cabe puyang bermanfaat untuk menghilangkan cikalen,kesemutan,demam, pegal, dan linu-linu di tubuh, terutama pegal-pegal di pinggang. dan juga minuman ini baik diminum oleh ibu yang sedang hamil tua.
4. Jamu pahitan  dimanfaatkan untuk berbagai masalah kesehatan seperti  gatal-gatal,cuci darah,penambah nafsu makan,menghilangkan bau badan,perut kembung,jerawat,pusing  dan kencing manis
5. Jamu kunci suruh dimanfaatkan oleh wanita, terutama ibu-ibu untuk mengobati keluhan keputihan (fluor albus). Sedangkan manfaat lain yaitu untuk merapatkan bagian intim wanita (vagina), menghilangkan bau badan, mengecilkan rahim dan perut, serta dikatakan dapat menguatkan gigi.
6. jamu kudu laos bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, untuk melancarkan peredaran darah, menghangatkan badan, membuat perut terasa nyaman, menambah nafsu makan, melancarkan haid, dan menyegarkan badan.
7. Jamu uyup-uyup atau gepyokan adalah jamu yang digunakan untuk meningkatkan produksi air susu ibu pada ibu yang sedang menyusui. Hanya seorang penjual jamu yang mengatakan bahwa ada khasiat lain, yaitu untuk menghilangkan bau badan yang kurang sedap, baik pada ibu maupun anak dan 'mendinginkan' perut.

Pedagang  jamu gendong juga menyediakan jamu serbuk atau pil hasil produksi industri jamu. Jamu tersebut diminum dengan cara diseduh air panas, terkadang dicampur jeruk nipis, madu, kuning telor, dan selanjutnya minum jamu sinom atau kunir asam sebagai penyegar rasa.( welly yusup )

Sumber ;
sumber gambar;
http://www.airmancur.co.id/articles/read/history-of-jamu-herbs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar