Welly Yusup

Welcome to my blog

Rabu, 31 Oktober 2012

warisan paling berharga


Daun Sirih adalah warisan leluhur kita.

warisan leluhur bukan sekedar berwujud materi atau barang - barang sisa jajahan,salah satunya adalah daun Sirih ,daun sirih mempunyai nama latin Piper betle L, merupakan tanaman asli dari Indonesia, yang sejak dulu digunakan sebagai salah satu tanaman obat tradisional yang memiliki manfaat yang luar biasa dan berbagai macam kegunaannya.
merambat atau bersandar adalah cara dia tumbuh, batang pohon tumbuhan ini mencapai tinggi 15 m. Batangnya yang berwarna coklat kehijauan,beruas dan merupakan tempat keluarnya akar tanaman tersebut. pada tanaman sirih terdapat kepala putik tiga hingga lima buah berwarna putih dan hijau kekuningan.
sejak dulu nenek moyang kita menggunakan daun sirih dan buahnya dengan cara mengunyah bersama gambir, pinang dan kapur kegiatan ini biasa disebut dengan istilah “nginang”.menginang membuat gigi orang pada zaman dahulu lebih kuat di bandingkan orang pada zaman sekarang yang memakai pasta gigi dengan berbagai merk.oleh karena itu orang - orang pada zaman dahulu tidak pernah mengeluhkan tentang giginya,apalagi sampai berlubang.
hal itu di sebabkan karena pada daun sirih terdapat zat yang baik untuk kesehatan,yaitu Minyak atsiri yang berasal dari daun sirih mengandung betIephenol, seskuiterpen, pati, diatase, gula dan kavikol yang di percaya memiliki kekuatan untuk membunuh kuman, anti-oksidasi dan fungisida, anti jamur.
Berikut Manfaat Daun sirih ;
Mengobati Mimisan,Mengobati Diare,Mengobati Alergi gatal gatal,Hilangkan bau mulut,Pembengkakan gusi,Pendarahan gusi,Menghilangkan bau badan,Bronkitis,Radang Tenggorokan,Obat sakit jantung.

Pengalaman pribadi saya tentang manfaat yang di peroleh dari daun sirih adalah untuk sakit mata,atau mata yang gatal yang di karenakan debu atau binatang .
cara pemakaiannya adalah dengan cara;
1.       merendamkan beberapa daun sirih dengan air panas sampai daun sirihnya menjadi pucat/layu kecoklatan.dan airnyapun menjadi agak kecoklatan.
2.       Terus  tuangkan air bekas rendaman daun sirih tersebut ke dalam piring kecil atau wadah lainnya yang bisa untuk menyimpan air tersebut.lalu tempelkan ke mata kita.
3.       Ulangi secara terus menerus.rasa yang di rasakan di saat pertama menempelkan air sirih hasil rendaman adalah sangat perih,namun rasa perih itu hanya sebentar.dan rasa perih itu menandakan adanya pembersihan atau pembunuhan pada mata kita.
4.       Lalu lihat hasilnya,kotoran dan kuman keluar dan bercampur kedalam air rendeman tersebut dengan sendirinya.

Cara ini saya peroleh dari nenek moyang saya,walaupun dia berusia 90 tahun,namun matanya masih dapat melihat dengan jelas tanpa harus menggunakan kaca mata yang pada zaman sekarang banyak orang yang menggunakan kacamata untuk membantu penglihatannya.kacamata sebenarnya hanya alat untuk membantu orang untuk melihat tanpa bisa untuk mengobati bahkan memperparah keadaan mata orang tersebut.
Alam di ciptakan oleh Tuhan kita memiliki fungsi yang beraneka ragam.dan dari keaneka ragaman tersebut tersimpan rahasia obat atau kegunaannya
www.kesehatan123.com › Makanan Sehat



Tidak ada komentar:

Posting Komentar