Welly Yusup

Welcome to my blog

Selasa, 25 Desember 2012

efek kaporit dalam kolam renang


Kaporit atau kalsium hipoklorit adalah senyawa  yang berbentuk padatan putih yang siap didekomposisi di dalam air untuk kemudian melepaskan oksigen dan klorin. Kalsium hipoklorit biasa digunakan sebagai agen pemutih atau disinfektan. senyawa  ini juga sering digunakan sebagai pemutih kertas dan tekstil pada industri.
Kaporit sering di gunakan untuk membersihkan kolam renang dan membunuh bakteri yang terdapat di dalam air kolam tersebut.dengan menggunakan kaporit,para pemilik kolam renang bisa meminimalkan biaya di bandingkan dengan mengganti air kolam dengan air bersih yang baru yang kuantitinya sangat banyak
Kaporit sangat terasa jika kita berenang di kolam renang umum,baunya yang agak menyengat dan jika terkena mata akan terasa pedih.semakin banyak pengunjung untuk berenang di kolam renang tersebut,semakin banyak kuman yang tercampur di dalam kolam sehingga pemakaian kaporitpun semakin banyak.
Selain itu kaporit sering di gunakan PAM untuk memutihkan dan membersihkan air yang akan di gunakan untuk air kran di perumahan.air yang biasa di beri kaporit adalah air sungai yang ada di sekitar.
Namun para pakar air di luar negri mengatakan bahwa penambahan kaporit kedalam air akan menghasilkan senyawa kimia sampingan yang bernama Trihalometana ( THM ).senyawa ini di anggap sebagai penyebab produksi radikal bebas dalam tubuh yang di mana bisa mengakibatkan kerusakan sel dan bersifat karsinogenik .
Efek negatife yang di sebabkan kaporit terhadap tubuh manusia ternyata bukan masuk melalui air yang kita minum,akan tetapi dari uap klor ( kloroform ) dalam kaporit saat kita mandi,apalagi kita mandinya memakai air hangat.air yang hangat yang mengandung kaporit akan mengeluarkan uap klor lebih banyak.uap klor akan masuk ke tubuh kita melalui pernafasan. mandi air hangat mengakibatkan pori-pori kulit semakin melebar yang mengakibatkan air yang mengandung kaporit dengan mudah masuk ke pori-pori dan merusak sel kulit.
Selain itu kaporit sangat berbahaya terhadap kulit.karena kaporit dapat merusak lapisan kolagen pada kulit yang mengakibatkan perusakan sel . hal itu dapat mengakibatkan kulit menjadi kering dan terlihat lebih kusam dan tampak tua sebelum waktunya atau biasa di sebut penuaan dini.
Kaporit juga bisa merusak rambut terutama batang rambut,selain itu kaporit mengakibatkan iritasi kulit kepala dan memperburuk kondisi ketombe dan rambut rontok.rambut yang sering menggunakan bahan kimia seperti untuk pewarnaan,pengeritingan,rebonding akan mudah patah dan kering yang di sebabkan kaporit.dan hal itu mengakibatkan rambut menjadi susah di atur ,tampak kusam,kering dan kasar.
Berenang adalah suatu olah raga sekaligus hoby yang sangat menyenangkan,apalagi bagi anak – anak.hampir semua anak menyukai berenang.biasanya di dalam kolam renang terdapat 60 - 75 % anak – anak.
Mengingat bahaya - bahaya yang di sebabkan oleh kaporit,alangkah lebih baik kita periksa kondisi air yang terdapat di dalam kolam renang tersebut.pakailah pelembab kulit dan kaca mata renang untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit dan mata . ( welly yusup )


Sumber;

 
sumber gambar ;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar