Welly Yusup

Welcome to my blog

Selasa, 25 Desember 2012

turi si pengganti kedelai

Dewasa ini kebutuhan akan kedelai sebagai bahan dasar pembuatan temped an kecap sangat tinggi,hal itu mengakibatkan harga kedelaipun meroket dan persediaan akan kedelaipun sangat terbatas  yang pada akhirnya para pengusaha tempe dan kecappun panik dan kesusahan dalam menangani produksinya. .jika hal ini tidak segera di atasi,maka banyak pengusaha tempe dan kecap yang pada akhirnya gulung tikar yang di karenakan kelangkaan kedelai.
oleh karena itu banyak sekali penelitian – penelitian mengenai bahan pengganti kedelai.dan pada akhirnya penelitianpun menemukan biji turi sebagai pengganti kedelai sebagai bahan dasar pembuatan tempe dan kecap.
Turi (Sesbania grandiflora) merupakan tanaman sejenis pepohonan yang berpembuluh,berbiji,berbunga,dan berkeping dua.turi termasuk suku polong – polongan ( fabaceae ).
pohon turi  tidak bercabang yang meiliki  tinggi hingga 15 m dan berdiameter sekitar 30 cm. Akar turi pada umumnya berbintil banyak dengan bintil yang besar.batang berbulu menggimbal, tidak berduri. daun majemuk menyirip dengan panjang hingga 30 cm, termasuk panjang tangkai 7-15 mm. Helaian daun berjumlah 20-50, berpasangan berhadapan atau berseling dalam satu tangkai daun. Bunga terdiri dari 2-4 buah, panjang tangkai bunga 15-35 mm, berwarna putih, kekuningan, merah muda atau merah. polong berbentuk memita, berukuran 20-60 cm x 6-9 mm dengan kampuh besar, tergantung vertical, tidak merekah. biji berbentuk agak mengginjal, berukuran 6,5 mm x 5 mm x2,5-3 mm dan berwarna coklat gelap ( Yayasan Keanekaragaman Hayati, 2008).
Biji turi mengandung 70% protein. berdasarkan pengujian kandungan gizi pada biji turi yang dilakukan oleh Zakiyatul Munawaroh di Laboratorium Balai Perindustrian dan standarisasi mutu pangan di jalan Mangunsarkoro Semarang pada bulan desember 2004, 
Pohon turi  banyak dijumpai di pedesaan,biasanya  ditanam di pematang, pekarangan,pinggir jalan. pohon turi biasa digunakan  sebagai pagar hidup kebun atau sebagai pohon pelindung (Yayasan keanekaragaman hayati, 2008).
Kacang turi adalah salah satu jenis kacang-kacangan dari pohon turi yang berbentuk bulat berwarna kuning kecoklatan dan mempunyai rasa yang khas dan aroma yang khas jenis kacang-kacangan (Zakiyatul, 2005:28).
 
Dengan adanya pengganti kedelai tersebut membuat para pengusaha tempe tidak khawatir lagi akan kelangkaan kedelai. melonjaknya harga kedelaipun bisa di atasi dengan kacang turi yang memiliki harga yang lebih ekonomis.dengan harganya yang lebih ekonomis secara langsung mengakibatkan keuntungan yang di peroleh dari usaha tersebutpun menjadi lebih banyak.
 
Dengan banyaknya industri temped an kecap kehawatiran mengenai kekurangan protein bisa di atasi,karena di dalam tempe mengandung protein yang cukup untuk kebutuhan protein yang di perlukan tubuh kita,selain itu juga tempe dapat di jangkau oleh kalangan bawah yang di karenakan harganya yang sangat ekonomis di bandingkan dengan sumber protein lainnya yang terkandung dalam daging – dagingan yang memiliki harga yang sangat mahal. ( welly yusup )  
Sumber ;
 
http://blog.ub.ac.id/andrianjati/2012/04/02/biji-turi-sesbania-grandiflora-pengganti-kedelai/
http://tilil.wordpress.com/2011/10/18/proposal-pkm-kacang-turi/
http://bioenergicenter.com/artikel/artikel-populer/kacang-komak-pengganti-kedelai
http://kemahasiswaan.um.ac.id/wp-content/uploads/2010/04/PKM-AI-10-UM-Retno-Pengolahan-Biji-Polong-.pdf
http://www.pondok-citra.com/manfaat-pecel/106-manfaat-kembang-turi.html
http://www.pantonanews.com/3105-biji-turi-si-pengganti-kedelai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar