Welly Yusup

Welcome to my blog

Sabtu, 06 Juli 2013

Andai ada hari menanam pohon


I mei telah berlalu,seluruh buruh di dunia turun ke jalan untuk memperingati hari buruh sedunia.mereka ( buruh ) turun kejalan untuk menyuarakan hak – haknya yang di anggapnya kurang memadai atau kurang layak.

andai ada hari menabung atau menanam pohon sedunia ? pasti pada tanggal tersebut tiba,manusia di dunia akan di wajibkan untuk menanam pohon.hal ini akan memberikan pengaruh yang berwujud beragam manfaat pada kehidupan manusia di dunia.sehingga bumi tak separah sekarang di mana jumlah pohon semakin hari semakin berkurang .

Di Indonesia sendiri telah ada keputusan Presiden RI nomor 24 tahun 2008 yang menetapkan tanggal 28 november sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia ( HMPI ).dengan cara ini di harapkan bisa menanggulangi masalah  mengenai krisis pohon di Indonesia.namun sayangnya pemerintah kurang serius dengan apa yang telah di putuskan.seharusnya pada tanggal itu menjadi tanggal merah dan pada hari itu pemerintah menghimbau seluruh rakyatnya untuk menanam pohon secara serentak.dengan begitu dalam tiap tahunnya Indonesia akan terus bertambah jumlah pohonnya.

Mungkin pemerintah lupa atau pura-pura lupa bahwa Indonesia merupakan Negara berkembang ? sehingga industry sedang tumbuh di Indonesia.dengan banyaknya industry tersebut tentunya membawa dampak positif dan dampak negative  bagi Indonesia itu sendiri.dampak positifnya yaitu meningkatkan pendapatan Negara,menyediakan lowongan kerja,dll.dan dampak negatifnya berupa kerusakan alam Indonesia yang di sebabkan oleh pencemaran udara,air dan tanah dari hasil industry tersebut.

Kekayaan,kemajuan dan kejayaan suatu Negara khususnya Indonesia tidak ada artinya jika waktu yang akan datang semuanya akan terbalaskan dengan kehancuran yang di sebabkan kerusakan alamnya.kerusakan alam yang di maksud seperti;

1.       udara yang kotor sehingga manusia yang ada di dalamnya tidak dapat benafas dengan baik yang akan mengakibatkan beragam penyakit yang berhubungan dengan pernafasan.

2.       Air yang tercemar sehingga manusianya tidak dapat menggunakannya untuk minum,mandi,dll.

3.       Pencemaran tanah yang akan mengakibatkan tanah tersebut tidak dapat di pakai untuk bercocok tanam kembali.

Nah,jika ketiga akibat tersebut telah terjadi pada kita ? berhargakah semua yang kita miliki ? penyakit dan bencana pasti akan datang silih berganti.mengerikan bukan ?

Menanam  pohon merupakan alternative yang terbaik untuk memperbaiki kondisi alam kita yang rusak.karena dengan kita menanam pohon kita mendapatkan beragam manfaat seperti mengurangi kadar karbon di udara sehingga mengurangi polusi udara yang di sebabkan asap industry,menyuburkan tanah,menyimpam air ,menghasilkan oksigen dll.

Menanam pohon ibarat menanam mutiara dalam kerang,karena hasil yang di dapatkan tidak instant yaitu memerlukan waktu tahunan untuk mendapatkannya.namun hasilnyapun akan sangat memuaskan dan sangat bermanfaat bagi kita dan Indonesia khususnya. ( Welly yusup )

Sumber;


 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar