Welly Yusup

Welcome to my blog

Sabtu, 06 Juli 2013

Pantai pangandaran rawat dong !


Pangandaran merupakan sebuah kabupaten di provinsi Jawa Barat yang di jadikan objek wisata andalan karena memiliki pantai yang sangat terkenal karena keindahan panoramanya dan hamparan pasir putihnya.menurut Asia Rooms,pantai ini juga di nobatkan sebagai pantai terbaik di Pulau Jawa.

Di Pantai pangandaran, kita dapat melihat terbit dan tenggelamnya matahari dari Pantai Timur dan Pantai Barat pada hari yang sama.selain itu pantainya landau dengan air yang jernih serta jarak antara pasang dan surut relative lama,sehingga memungkinkan kita untuk berenang dengan relative aman.pantai pangandaran juga terdapat taman laut dengan ikan – ikan dan kehidupan laut yang mempesona.

Event –event juga sering di adakan di pangandaran seperti hajat laut ,yaitu upacara yang di lakukan nelayan setempat sebagai perwujudan rasa terima kasih terhadap kemurahan Tuhan YME dengan cara melarung sesajen ke laut lepas.acara ini biasa di laksanakan pada tiap – tiap bulan muharam ,dengan mengambil tempat di pantai timur Pangandaran . selain itu juga,ada Festival layang – layang International ( Pangandaran International Kite festival ) dengan berbagai kegiatan pendukungnya yang bisa kita saksikan pada tiap bulan Juni atau Juli.

Sekarang ini Pantai Pangandaran juga memanjakan para penikmat panorama alam Pantai Pangandaran dengan membuat situs yang berisikan fitur dengan nama “ Daily Photo “. Situs tersebut yaitu http://www.mypangandaran.com/. Fitur Daily Photo akan di update minimal tiap hari yang akan menghadirkan Photo – photo terbaik tentang pangandaran,hijaunya greencanyon dan menawannya wisata lain di kabupaten Pangandaran sampai ke sudut – sudut lain di pangandaran.

Namun sayangnya keindahan Pantai Pangandaran tidak di barengi dengan peningkatan sarana dan prasarana untuk sampai ke lokasi tersebut.salah satu contohnya yaitu rusaknya sejumlah titik jalan desa di kabupaten Pangandaran .bahkan,tingkat kerusakannya sudah parah.hal itu bisa mempengaruhi jumlah pengunjung yang datang baik dari pengunjung local maupun asing.

Para pengguna jalan mengeluhkan kondisi jalan yang rusak menuju Pantai pangandaran.menurut pengguna jalan ,  kerusakan jalan terjadi di sepanjang Jalan Raya Padaherang dan kalipucang sebelum memasuki Desa Babakan .pengguna jalan juga mengatakan “ akibat jalan rusak , selain tidak nyaman,jarak tempuh dari batas Kota Ciamis yangbiasanya di tempuh dalam dua jam,sekarang hamper empat jam untuk bisa sampai ke Pangandaran”.tak hanya itu,kendaraan merekapun bisa rusak yang di karenakan berkali – kali bemper kendaraan mereka mengenai aspal jalan saat melewati lubang di kubangan jalan.

Tak hanya jalan yang rusak,pantai pangandaranpun sedang terancam dengan rusaknya terumbu karang dalam mendukung kelestarian sumber daya ikan dan organisme laut lainnya.kerusakan terumbu karang di pantai Pangandaran pada umumnya di sebabkan oleh beberapa factor,di antaranya yaitu :

·         Aktivitas rekreasi pantai

·         Pengendapan lumpur

·         Pembuangan sampah di laut

·         Masuknya nutrisi yang melibihi ambang batas

·         Penangkapan ikan yang berlebih ,khususnya ikan pemakan algae.sehingga mengakibatkan meningkatnya pertumbuhan algae dan akan menutupi terumbu karang

·         Kegiatan penyelaman yang merusak

·         Penambatan kapal dengan system jangkar

·         Endapan pecahan karang di dalam sedimen.

Pantai Pangandaran adalah hadiah yang besar dari Tuhan untuk masyarakat sekitar daerah tersebut.seharusnya mereka merawat dan melestarikannya,sehingga kerusakan tidak harus terjadi . ( Welly yusup )

 

Sumber :






gambar :


 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar