Welly Yusup

Welcome to my blog

Sabtu, 06 Juli 2013

Kelangkaan pohon tandingi bahan bakar


Krisis kelangkaan  tidak hanya terjadi pada bahan bakar saja,namun negeri kita tercinta ini sedang mengalami krisis kelangkaan pohon yang teramat parah.fakta ini di buktikan dengan banyaknya hutan-hutan yang gundul yang di akibatkan penebangan pohon secara liar.perlu kita ketahui,pohon merupakan komponen penting  dalam kehidupan kita.hal ini di karenakan dengan banyaknya manfaat yang di suguhkan pohon bagi manusia itu sendiri dan makhluk hidup lainnya seperti menghasilkan oksigen dan menghirup karbondioksida dari hasil proses fotosintesis,menyerap air sehingga dapat mencegah banjir dan longsor saat musim hujan dan menyimpan air pada saat musim kemarau,menjaga kesuburan tanah,dll.

Namun kenapa manusia tidak berterima kasih terhadap pohon ? kenapa manusia membalasnya dengan menebang pohon secara berlebihan ? tidakkah manusia menyadari jasa-jasa yang di berikan oleh pohon ? tidakkah manusia menyadari dampak yang akan terjadi jika pohon menjadi semakin berkurang jumlahnya?.

Tuhan menciptakan manusia berbeda dengan makhluk lainnya,manusia di berikan nafsu dan akal yang sifatnya membangun ataupun merusak.sifat egois manusia yang membuat  manusia itu sendiri melakukan perusakan lingkungan sekitarnya termasuk penebangan pohon secara liar.manusia selalu meminta haknya terhadap lingkungannya tanpa memperhatikan hak makhluk hidup lainnya yang ada di dalam lingkungan itu sendiri.

Manusia dan pohon seharusnya hidup berdampingan dan saling menguntungkan ( mutualisme ),sehingga kehidupanpun berjalan seperti seharusnya.sudah banyak jasa-jasa yang telah pohon berikan terhadap manusia yang salah satunya adalah menghasilkan oksigen yang di butuhkan manusia untuk bernafas.namun apa yang telah manusia berikan terhadap pohon ?

Apa jadinya jika pohon semakin berkurang jumlahnya ? kitapun sering melihat bencana – bencana yang di akibatkan oleh marahnya alam terhadap kita seperti banjir,longsor,pemanasan global,dll.bencana-bencana tersebut erat kaitannya dengan berkurangnya jumlah pohon yang ada di sekitar kita.banjir dan longsor di sebabkan karena debit air yang turun tidak di serap dengan baik oleh akar dari pepohonan,sehingga air mengalir begitu saja tanpa di serap ke dalam tanah.

Kehidupan bukan hanya untuk kita saja dan saat ini saja,melainkan ada generasi penerus kita yaitu anak cucu kita.apa jadinya jika lingkungan untuk mereka telah kita rusak ? tegakah kita melihat anak cucu kita tertimpa musibah dan bencana alam yang di akibatkan oleh perbuatan kita sendiri ?

Kita belum terlambat dalam memperbaiki lingkungan kita ! kita masih bisa memperbaikinya dengan menabung pohon salah satunya.seperti halnya menabung uang,hasilnya akan kita rasakan di kemudian hari di saat saldo kita sudah banyak jumlahnya.begitu pula dengan menabung pohon ( menanam pohon ). dalam jangka pendek memang hasilnya belum bisa kita rasakan.namun di kemudian hari, kita dan anak cucu kitapun akan langsung menikmati hasil yang kita tanam.makin banyak pohon yang kita tabung,semakin banyak manfaat yang akan kita rasakan kelak.dengan begitu kita telah memberikan warisan yang nilainya melebihi materi yang kita berikan ke anak cucu kita.( Welly yusup)

Dari berbagai sumber

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar