Welly Yusup

Welcome to my blog

Jumat, 11 Januari 2013


Jadi, kegiatan pokok perusahaan yang berkaitan dengan akuntansi biaya bahan meliputi catatan pembelian bahan, pemakain bahan, produk rusak, produk cacat. Setiap kegiatan tersebut mempunyai formulir dan catatan.
a.       Pembelian Bahan
Bisa dilakukan oleh pimpinan atau bagian pembelian dalam perusahaan setelah ada permintaan dari bagian penyimpanan bahan (persediaan/gudang). Sebelumnya bagian produksi meminta ke bagian penyimpanan. Jika persediaan kurang atau habis, selanjutnya fungsi gudang mengajukan permintaan pembelian ke fungsi pembelian.
Depatemen pembelian harus:
-      Menerima surat permintaan pembelian untuk bahan, perbekalan, dan peralatan.
-      Mencari informasi tentang sumber pasokan, harga, pengiriman, dan jadwal penyerahan.
-      Menyiapkan dan mengirimkan pesanan pembelian.
-      Menyusun laporan yang memadai dan sistematik antara departemen pembelian, penerimaan, dan akuntansi.
Dokumen tertulis atau formulir yang diperlukan dalam pembelian bahan:
Þ     Bukti permintaan pembelian; dibuat oleh fungsi gudang kepada fungsi pembelian. Berisi tentang spesifikasi bahan yang diminta. Setidaknya dibuat rangkap dua (untuk fungsi pembelian dan arsip di gudang).
Surat permintaan pembelian ini juga bisa dibuat oleh:
-      Klerk buku besar bahan yang mungkin bertanggungjawab memberitahu bagian pembelian kapan harus membeli.
-      Manajer kerja yang memperkirakan kebutuhan bahan tertentu atau kuantitias yang lain dari biasanya.
-      Karyawan atau penyelia dari departemen penelitian, rekayasa, atau departemen lain yang butuh bahan atau perbekalan tertentu.
-      Komputer yang telah diprogram untuk menghasilkan pembertahuan pemesanan kepada fungsi pembelian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar