Welly Yusup

Welcome to my blog

Minggu, 27 Januari 2013

Jantung adalah kamu


Jantung merupakan salah satu organ manusia yang berperan dalam system peredaran darah.jantung berupa satu otot tunggal yang terdiri dari lapisan endothelium.jantung terletak di dalam rongga torakik,di balik tulang dada dan hampir sepenuhnya di selubungi oleh paru – paru,namun tertutup oleh selaput ganda yang bernama pericardium.jadi jantung terdiri dari empat rongga yaitu serambi kanan dan serambi kiri serta bilik kiri dan bilik kanan.
Setiap ruang jantung mengendur dan terisi darah pada saat berdenyut dan di sebut diastol.selanjutnya jantung berkontraksi dan memompa darah keluar dari ruang jantung di sebut sistol.kedua serambi mengendur dan berkontraksi secara bersamaan dan kedua bilik juga mengendur dan berkontraksi secara bersamaan.
Jantung wajib kita pelihara dengan baik agar tidak terkena penyakit.penyakit jantung banyak sekali macamnya.biasanya para penderita penyakit ini seringkali terkena lebih dari satu gangguan atau biasa di sebut komplikasi.
Jenis penyakit jantung yang sering di temui di antaranya adalah ;
1.       Aterosklerosis
Aterosklerosis merupakan penebalan dinding arteri sebelah dalam yang di karenakan plak yang di sebabkan lemak,kolesterol,dan buangan sel lainnya,sehingga menghambat dan menyumbat pasokan darah ke sel – sel otot.
Aterosklerosis di mulai dari adanya lesi dan retakan pada dinding pembuluh darah,terutama karena adanya tekanan kuat pada pembuluh jantung.
Aterosklerosis di tandai dengan timbulnya rasa nyeri / tidak enak di daerah jantung dan dada karena kurangnya pasokan darah ke otot jantung.
2.       Infark miokard akut
Infark miokard akut adalah kematian otot jantung karena penyumbatan pada arteri koroner.otot – otot jantung yang tak tersuplai darah akan mengalami kerusakan dan kematian mendadak.
3.       Kardiomiopati
Kardiomiopati adalah kerusakan atau gangguan otot jantung sehingga menyebabkan dinding – dinding jantung tidak bergerak sempurna dalam menyedot dan memompa darah.penderitanya seringkali beresiko terkena arritmia dan gagal jantung mendadak.
4.       Arritmia
Arritmia adalah irama jantung yang tidak normal yang di sebabkan oleh gangguan rangsang dan penghantaran rangsang jantung ringan maupun berat.
5.       Gagal jantung kongestif
Gagal jantung kongestif merupakan ketidakmampuan jantung untuk memompa darah secara efektif ke seluruh tubuh.
6.       Penyakit jantung rematik
Penyakit jantung rematik adalah kerusakan pada katup jantung karena demam rematik yang di sebabkan oleh bakteri streptokokus.
7.       Fibrilasi atrial
Fibrilasi atrial adalah gangguan ritme listrik jantung yang menggangu atrial,sehingga menyebabkan kontraksi otot jantung tidak beraturan dan memompa darah tidak efisien.
8.       Inflamasi jantung
Inflamasi jantung merupakan penyakit jantung yang di sebabkan oleh racun maupun infeksi.
Penyakit jantung dan penyakit peripheral arterial adalah penyakit yang mematikan di seluruh dunia.bahkan kita sering mendengar orang meninggal yang di sebabkan oleh serangan jantung.sebenarnya apa sih serangan jantung itu ?.serangan jantung merupakan suatu kondisi kerusakan yang di alami oleh bagian otot jantung ( myocardium )akibat mendadak sangat berkurangnya pasokan darah ke jantung . gejala – gejala serangan jantung memiliki perbedaan bagi si penderitanya,namun biasanya di mulai dengan rasa sakit pada dada,rasa berdebar pada jantung seperti tertekan,sesak nafas yang di sertai keringat dingin dan juga kesemutan yang terasa pada bagian lengan,punggung dan lain – lain.namun bagi penderita gagal jantung di tandai dengan sulit tidur,kaki bengkak,mudah lelah,dan di sertai sesak nafas.
Penyakit jantung di sebabkan oleh;
·         Pola hidup yang kurang sehat
·         Gula darah tinggi
·         Kolesterol
·         Tekanan darah tinggi
·         Kegemukan ( obesitas )
·         merokok
Beragam cara orang untuk mengobati penyakit ini,mulai dari medis sampai menggunakan obat herbal.daun sirsak salah satu obat jantung herbal yang sangat baik ,karena di dalam daun sirsak mengandung zat gizi yang sangat penting untuk tubuh.daun dan buah sirsak mengandung senyawa penting seperti fruktosa,lemak,protein,kalsium,fosfor,besi,vitamin A,dan vitamin B.selain itu senyawa golongan tannin,fitosferol,dan alkaloida,serta asetogenin.kandungan tersebut selain memiliki sifat anti kanker dan antitumor juga mampu menyehatkan jantung.hal itu di karenakan bersifat menurunkan tekanan darah tinggi dan menekan aktifitas jantung.selain itu sirsak memiliki sifat vasolidator yaitu melebarkan pembuluh darah yang tersumbat.
So,sayangi jantung kita karena jantung adalah hidup kita.istirahat yang cukup,dan pola makan teratur  dan menyehatkan(non kolesterol) ,tidak merokok adalah wujud sayang kita terhadap jantung kita.( Welly yusup )

Sumber ;
sumber gambar;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar