Welly Yusup

Welcome to my blog

Sabtu, 12 Januari 2013

Ke luar angkasa berbahaya


Radiasi kosmik bisa meningkatkan risiko penyakit Alzheimer

Bertamasya ke tempat yang indah merupakan aktifitas yang sangat di gemari semua manusia di seluruh dunia,apalagi tempat tersebut hanya orang khusus yang bisa mengunjunginya.jalan-jalan ke luar angkasa salah satu contohnya.orang yang tidak memiliki ketrampilan khusus tidak bisa melakukan hal tersebut.dan  Manusia pertama yang mampu ke luar angkasa ialah Yuri Gagarin pada 12 April 1961 menggunakanVostok 1.sedangkan Wanita pertama yang ke luar angkasa ialah Valentina Tereshkova pada Juni 1963 dengan menaiki Vostok 6 yang berkebangsaan Rusia.
Ada juga Alan Shepard menjadi orang Amerika dan pemimpin astrnot ke luar angkasa pada 5 Mei1961. Sedangkan Wanita Amerika pertama ke luar angkasa ialah Sally Ride yang menaiki pesawat luar angkasa Chalenger misi STS-7 pada 18 Juni 1983.
Misi pertama yang pergi ke orbit bulan ialah Apollo 8 yang dipandu oleh William Anders. Dia lahir di Hong Kong dan menjadi orang Asia pertama menjadi antariksawan pada 15 Oktober2003. Yang Liwei menjadi rakyat China pertama menjadi antariksawan menggunakan pesawat Shenzhou 5.
Misi-misi awal wahana antariksa di mulai dengan peluncuran wahana antariksa tak berawak otmatis ( proba ),kemudian di lanjutkan dengan pengiriman berbagai misi wahana antariksa berawak.penerbangan angkasa luar sangat bermanfaat untuk manusia khususnya untuk ilmu pengetahuan,karena penerbangan luar angkasa luar telah mebawa suatu lompatan besar dalam pengetahuan dan pemahaman manusia mengenai bumi dan planet-planet di sekitarnya di tata surya kita khususnya,maupun alam semesta pada umumnya.
Penerbangan ke luar angkasa sangat bermanfaat untuk perkembangan ilmu pengetahuan,namun di balik semuanya itu terdapat  ancaman nyata dari luar angkasa untuk para wisatawan luar angkasa yaitu berupa  serbuan bakteri yang telah mengalami mutasi sehingga menjadi pembunuh yang sangat ganas.selain itu Berbagai ancaman dari luar angkasa juga harus  diperhitungkan, dianalisa dan dicari penangkalnya. Baik itu ancaman tumbukan dengan meteorit besar atau berbagai ancaman lainnya.
Orang  awam berfikir bahwa sebagai ancaman dari angkasa luar seperti monster-monster mengerikan,akan tetapi ancaman nyata yang sebenarnya adalah serbuan bakteri pembunuh. Penelitian yang dilakukan badan antariksa AS-NASA di luar angkasa menunjukkan, bakteri yang berasal dari Bumi di ruang tanpa bobot mengalami mutasi menjadi bakteri amat mematikan. Bakteri itu adalah bakteri Salmonella. Bakteri Salmonella yang dibawa dari Bumi dalam misi wahana penerbangan ulang-alik ke luar angkasa pada tahun lalu, terbukti mengalami mutasi menjadi bakteri amat mematikan.Salmonella adalah bakteri berbentuk batang, yang memicu gejala keracunan makanan ditandai dengan buang air terus menerus pada manusia. dalam kondisi normal, keracunan salmonella dapat diobati menggunakan antibiotika dan pemberian tambahan cairan elektrolyt. Tapi pada anak-anak atau kelompok risiko, bakteri salmonella dapat memicu penyakit berat hingga kematian. Penyakit berat yang ditimbulkan bakteri salmonella antara lain infeksi saluran pencernaan, typhus dan paratyphus .
Penelitian lama dan yang terbaru  menyebutkan, bahwa ada banyak penyakit yang dapat menyerang wisatawan ruang angkasa.selain serangan bakteri salmonella misi ke ruang angkasa juga meningkatkan resiko penyakit Alzheimer dalam jangka panjang yang di sebabkan oleh radiasi kosmik.The Daily News melansir, para peneliti NASA melaporkan dalam studi jurnal One PLoS menemukan bukti bahwa perjalanan ruang angkasa berbahaya untuk kesehatan otak.
 Dr M. Kerry O'Banion  seorang peneliti senior dari University of Rochester Medical Center mengatakan bahwa "Radiasi kosmik Galactic memicu ancaman berbahaya bagi masa depan astronot kami,".dalam penelitiannya, para peneliti menggunakan tikus percobaan yang dikenai radiasi kosmik, seperti apa yang dirasakan para astronot ketika melakukan perjalanan ke luar angkasa, terutama planet Mars,dan hasil penelitian menunjukkan, beberapa tikus menunjukkan penurunan dalam kemampuan kognitif yang merupakan gejala Alzheimer.( welly yusup )

Sumber ;
http://id.wikipedia.org/wiki/Antariksawan
http://www.beritasatu.com/sains/90744-studi-misi-ke-ruang-angkasa-berbahaya-untuk-otak.html
http://indonesiaindonesia.com/f/34515-tour-luar-angkasa-tiket-2-miliar/
http://blog-artikel-menarik.blogspot.com/2008/04/wisata-luar-angkasa-dimulai-2010.html
http://id.scribd.com/doc/15558695/PENERBANGAN-ANGKASA-LUAR
http://id.shvoong.com/medicine-and-health/1710488-ancaman-nyata-dari-luar-angkasa/#ixzz2HkHhuh6g
sumber gambar
http://satukalbu.multiply.com/journal/item/26/Tujuan-Wisata-Baru-Luar-Angkasa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar