Klasifikasi Biaya
Informasi biaya
disajikan untuk memenuhi keperluan pemakainya. Penggunaan informasi biaya harus
disesuaikan dengan tujuan penggunaan informasi biaya oleh pemakainya. Teknik penyajian informasi biaya
berpedoman pada konsep “different classification of cost for different purpose”.
Jadi, untuk tujuan penggunaan informasi biaya yang berbeda, diperlukan
klasifikasi biaya yang berbeda.
Sesuai kebutuhan
pemakai informasi, biaya dapat diklasifikasikan menjadi:
1.
Berdasarkan Fungsi kegiatan utama perusahaan:
- Biaya produksi; biaya yang
berkaitan dengan proses pengolahan bahan baku menjadi produk selesai yang
siap dijual. Dibedakan menjadi:
Þ
Biaya bahan; nilai uang dari penggunaan bahan yang diolah menjadi
produk selesai. Dalam hal ini adalah bahan baku merupakan bahan yang dapat
diidentifikasikan dengan produk yang dihasilkannya, nilainya relatif besar dan
umumnya sifat bahan baku masih melekat pada produk yang dihasilkan. Misal kapas
sebagai bahan baku yang menghasilkan benang. Nilai uangnya dinamakan biaya bahan baku.
Þ
Biaya tenaga kerja; upah tenaga yang
mengerjakan proses produksi (mengolah bahan baku menjadi produk selesai). Dalam
hal ini adalah tenaga
kerja langsung, yaitu tenaga kerja yang secara langsung mengolah
bahan baku menjadi produk selesai. Upahnya disebut biaya
tenaga kerja langsung.
Þ
Biaya overhead pabrik; semua komponen
biaya produksi selain biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung.
Contoh
o
Biaya bahan pembantu, meliputi bahan yang berfungsi
sebagai pembantu atau pelengkap dalam pengolahan bahan baku menjadi produk
selesai, dan nilainya relatif kecil
o
Biaya tenaga kerja tidak langsung, meliputi tenaga kerja
yang tidak langsung mengolah bahan baku
o
Biaya penyusutan aktiva tetap pabrik,
o
Biaya asuransi pabrik,
o
Biaya reparasi dan pemeliharaan aktiva tetap pabrik, dan
o
Biaya listrik pabrik.
Jumlah biaya bahan baku dengan jumlah biaya tenaga kerja langsung dinamakan biaya utama (prime
cost), yaitu yang secara langsung berpengaruh terhadap jumlah produk.
Jumlah biaya tenaga kerja langsung dengan biaya overhead pabrik dinamakan biaya konversi (conversion cost), yaitu biaya yang
dibutuhkan untuk mengolah bahan menjadi produk selesai.
- Biaya pemasaran;
semua biaya yang berkaitan dengan kegiatan pemasaran, mulai dari
memperkenalkan produk sampai dengan penagihan hasil penjualan produk.
Antara lain biaya iklan, biaya angkut penjualan, biaya tenaga penjualan,
biaya pengepakan, dan biaya pemeliharaan-penyusutan-reparasi-asuransi
aktiva tetap yang digunakan untuk kegiatan penjualan produk atau jasa.
- Biaya
administrasi dan umum; biaya yang berkaitan
dengan fungsi pelayanan administrasi dan umum. Antara lain biaya
asuransi-reparasi-pemeliharaan-penyusutan aktiva tetap yang digunakan
untuk kegiatan administrasi kantor, gaji direksi dan karyawan administrasi
kantor.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar