Welly Yusup

Welcome to my blog

Jumat, 11 Januari 2013

klasifikasi biaya


    Klasifikasi Biaya
Informasi biaya disajikan untuk memenuhi keperluan pemakainya. Penggunaan informasi biaya harus disesuaikan dengan tujuan penggunaan informasi biaya oleh pemakainya. Teknik penyajian informasi biaya berpedoman pada konsep “different classification of cost for different purpose”. Jadi, untuk tujuan penggunaan informasi biaya yang berbeda, diperlukan klasifikasi biaya yang berbeda. 
Sesuai kebutuhan pemakai informasi, biaya dapat diklasifikasikan menjadi:
1.       Berdasarkan Fungsi kegiatan utama perusahaan:
  1. Biaya produksi; biaya yang berkaitan dengan proses pengolahan bahan baku menjadi produk selesai yang siap dijual. Dibedakan menjadi:
Þ     Biaya bahan; nilai uang dari penggunaan bahan yang diolah menjadi produk selesai. Dalam hal ini adalah bahan baku merupakan bahan yang dapat diidentifikasikan dengan produk yang dihasilkannya, nilainya relatif besar dan umumnya sifat bahan baku masih melekat pada produk yang dihasilkan. Misal kapas sebagai bahan baku yang menghasilkan benang. Nilai uangnya dinamakan biaya bahan baku.
Þ     Biaya tenaga kerja; upah tenaga yang mengerjakan proses produksi (mengolah bahan baku menjadi produk selesai). Dalam hal ini adalah tenaga kerja langsung, yaitu tenaga kerja yang secara langsung mengolah bahan baku menjadi produk selesai. Upahnya disebut biaya tenaga kerja langsung.
Þ     Biaya overhead pabrik; semua komponen biaya produksi selain biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung. Contoh 
o   Biaya bahan pembantu, meliputi bahan yang berfungsi sebagai pembantu atau pelengkap dalam pengolahan bahan baku menjadi produk selesai, dan nilainya relatif kecil
o   Biaya tenaga kerja tidak langsung, meliputi tenaga kerja yang tidak langsung mengolah bahan baku
o   Biaya penyusutan aktiva tetap pabrik,
o   Biaya asuransi pabrik,
o   Biaya reparasi dan pemeliharaan aktiva tetap pabrik, dan
o   Biaya listrik pabrik.
Jumlah biaya bahan baku dengan jumlah biaya tenaga kerja langsung dinamakan biaya utama (prime cost), yaitu yang secara langsung berpengaruh terhadap jumlah produk.
Jumlah biaya tenaga kerja langsung dengan biaya overhead pabrik dinamakan biaya konversi (conversion cost), yaitu biaya yang dibutuhkan untuk mengolah bahan menjadi produk selesai.
  1. Biaya pemasaran; semua biaya yang berkaitan dengan kegiatan pemasaran, mulai dari memperkenalkan produk sampai dengan penagihan hasil penjualan produk. Antara lain biaya iklan, biaya angkut penjualan, biaya tenaga penjualan, biaya pengepakan, dan biaya pemeliharaan-penyusutan-reparasi-asuransi aktiva tetap yang digunakan untuk kegiatan penjualan produk atau jasa.
  2. Biaya administrasi dan umum; biaya yang berkaitan dengan fungsi pelayanan administrasi dan umum. Antara lain biaya asuransi-reparasi-pemeliharaan-penyusutan aktiva tetap yang digunakan untuk kegiatan administrasi kantor, gaji direksi dan karyawan administrasi kantor.
Biaya keuangan (financial); biaya yang berkaitan dengan fungsi penyediaan dana, misalnya biaya administrasi bank, biaya bunga, dan biaya provisi kredit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar