Welly Yusup

Welcome to my blog

Senin, 28 Januari 2013

sayangi anak sindrom down


Mungkin kita pernah melihat orang dewasa dan anak-anak di sekitar kita yang terkena Sindrom down.Sindrom down bukan suatu penyakit,Sindrom down adalah suatu kegagalan sepasang kromosom untuk saling memisahkan diri saat terjadi pembelahan yang mengakibatkan suatu kondisi keterbelakangan perkembangan fisik dan mental anak.atau kata lain,sindrom down merpakan kelainan genetic yang terjadi pada kromosom 21.sindrom down pertama kali di kenal pada tahun 1866 oleh Dr.John longdon down.

Anak-anak dengan sindrom down biasanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut;
·         Jarak yang lebar antara kaki
·         Fontarela palsu
·         “plantar crease”jari kaki I dan II
·         Hiperfleksibilitas
·         Peningkatan jaringan sekitar leher
·         Bentuk palatum yang abnormal
·         Mulut terbuka dan lidah menjulur
·         Lekukan Epikantus ( lekukan kulit yang berbentuk bundar ) pada sudut mata sebelah dalam.
·         Jarak pupil yang lebar
·         Mata sipit
·         Tangan dan kaki yang pendek serta lebar
·         Kelainan mata,kaki,mulut,sindaktili

Kelainan genetic yang terjadi pada kromosom juga di pengaruhi berbagai macam factor,di antaranya genetic,radiasi,infeksi dan kelainan kehamilan,autoimun dan kelainan endokrin pada ibu,umur ibu,dan umur bapak.pada usia di atas 35 tahun seorang ibu terdapat perubahan hormonal yang dapat menyebabkan “ non dijuction “ pada kromosom.

Di Indonesia masih kurang pengetahuan masyarakatnya tentang penyebab sindrom down dan bagaimana cara menangani anak-anak yang terkena sindrom down.oleh karena itu  tak jarang banyak keluarga yang memperlakukan anak-anak sindrom down dengan tidak manusiawi,dan ada juga yang menyembunyikan anak mereka yang terkena sindrom down karena malu kepada orang lain.

Sindrom down dapat di cegah dengan cara ;
·         Konseling genetic maupun amniosentesis pada kehamilan yang di curigai akan sangat membantu mengurangi angka kejadian syndrome down.
·         Dengan biologi molekuler.misalnya”gene targeting”atau biasa di sebut “homologous recombination”sebuah gen dapat di nonaktifkan.

Perlu anda ketahui !.anak-anak dengan sindrom down mampu melakukan hal-hal yang dapat di lakukan anak-anak pada umumnya asalkan mereka di latih dengan di berikan terapi dan bisa di sekolahkan di sekolah luar biasa ( SLB ).

Tidak mudah memang membesarkan seorang anak dengan sindrom down.karena di luar sana yang mungkin saja dengan ekstrimnya menghina anak anda di depan mata anda sendiri.saya sebagai penulis menghimbau kepada anda sebagai orang tua dari anak dengan sindrom down untuk tetap sabar,semangat,dan jangan terpancing emosi.maklumkanlah mereka,lalu edukasikanlah mereka tentang sindrom down.

Berbahagialah bagi orang tua yang memiliki anak dengan sindrom down,karena anda telah di beri anugerah yang luar biasa dari Tuhan.anda telah di tunjuk Tuhan untuk mengasihi anak anda dengan segenap kekurangannya.karena belum tentu orang lain sama seperti sayangnya anda terhadap anak anda dengan sindrom down.

Bagi para pembaca,anak dengan sindrom down perlu kasih sayang kita.so,berilah semangat untuk anak dan orang tuanya yang sangat luar biasa.apa yang anda rasakan jika sindrom down menimpa pada keluarga kita dan saudara kita ? ( Welly yusup )

Sumber ;
sumber gambar;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar